Thursday, April 14, 2016

Cara Melakukan Riset dan Survei Pemasaran



Riset pasar memberikan pengusaha gambaran tentang jenis produk dan layanan baru yang mungkin memberikan keuntungan. Untuk jenis produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pasar bisa memberitahu perusahaan apakah mereka berhasil memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.


Rencana riset pasar yang baik mengindikasikan ke mana dan siapa pelanggan kita. Semua usaha kecil harus menyadari akan pentingnya pengetahuan mengenai ceruk pasar yang mereka garap dan kekuatan yang mereka coba tawarkan ke pasar. Riset membantu usaha rintisan membuat produk yang menakjubkan, mereka juga dapat dengan mudah jatuh jika pasar dalam area tersebut tidak menanggapi jenis produk yang ditawarkan dengan positif.

Terlepas dari riset kegunaan yang diberikan data hasil riset kepada perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanannya, riset pasar juga merupakan sebuah bentuk iklan. Usaha kecil banyak yang memiliki penetrasi pasar dan visibilitas terhadap pelanggan yang masih rendah, riset pasar juga amat dibutuhkan untuk usaha kecil yang menghendaki lebih banyak klien potensial yang akan mengetahui keberadaan mereka.

Berikut ini adalah tahapan riset pasar yang bisa dilakukan:
1.      Lakukan survey pasar, Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari hasil survey yang didapatkan di lapangan.
2.      Amati perkembangan pasar. Anda bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini. Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yang sudah ada di pasaran.
3.      Perhatikan tingkat persaingan pasar. Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Anda mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran agar produk Anda tidak kalah saing di tengah-tengah pasar yang sudah ramai.

Sebisa mungkin lakukan riset sebelum Anda melangkah agar strategi pemasaran yang Anda gunakan tepat sasaran, dan memberikan hasil yang maksimal. 


No comments:

Post a Comment